Membahas Mengenai Seputar Flora Dan Fauna

Selasa, 17 Oktober 2017

5 Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pengertiannya

Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pengertiannya  sering kita pelajari di sekolahan bangku smp, sd bahkan sampai sekolah smk kita juga masih mempelajari berbagai ciri ilmu pengetahuan alam. di samping mempelajari pengertian ilmu pengetahuan alam, kita juga pasti mempelajari tentang ciri-ciri ilmu pengetahuan alam, baik ciri-ciri ilmu pengetahuan alam menurut para ahli atau menurut buku IPA. oke langsung saja simak di bawah ini artikel tentang ciri-ciri ilmu pengetahuan alam

Pelajaran ilmu pengetahuan alam yang kita pernah alami yaitu ketika kita masih duduk di bangku SD (sekoah Dasar) Di sekolah SD kita pernah belajar mengenai pengertian ilmu pengetahuan alam, ciri ciri ilmu pengetahuan alam dan hal lainya yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.

Nah pada kali ini saya akan menuliskan tentang ciri-ciri ilmu pengetahuan alam.
mungkin di benak anda ada pertanyaan pertanyaan yang anda belum mengerti, atau anda memang sedang mengerjakan tugas tentang IPA seperti contoh soalnya yaitu :
Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri ilmu pengetahuan alam ?
Apa saja manfaat mempelajari ilmu pengetahuan alam ?
Ciri-ciri ilmu pengetahuan alam termasuk biologi ?
Pengertian ilmu pengetahuan alam ?

5 Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pengertiannya


Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pegertiannya

Dari beberapa pertanyaan di atas, mungkin sering di gunakan oleh guru-guru untuk memberikan soal kepada muridnya. contoh soal di atas adalah contoh soal untuk kelas SD (sekolah dasar) namun mungin ada juga yang mendapat soal dan pertanyaan tersebut ketika murid itu sudah SMP. jika memang pertanyaan pertanyaan tersebut sering di gunakan oleh guru guru dalam memberika soal, kalei ini saya akan menuliskan jawabanya. oke langsung saja simak di bawah ini.

A.Pengertian Imu Pengetahuan Alam

5 Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pegertiannya

Ilmu pengetahuan alam adalah suatu pengetahuan teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu melakukan  observasi eksperimentasi, penyusunan teori, penyimpulan, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait-mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain. Cara untuk mendapatkan ilmu secara demikian ini terkenal dengan nama metode ilmiah. Pada dasarnya metode ilmiah merupakan suatu cara yang logis untuk memecahkan suatu masalah tertentu. 


B.Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam

1.Objek Kajian Kongkret
objek kaji yang kongkret yaitu objek dari benda-benda yang dappat ditangkap oleh indra manusia meliputi benda padat, cair, atau gas. jika objek tidak dapat dilihat itu bukan dari ciri ciri ilmu pengetahuan alam.

2.Bersifat Sistematis
yang di maksud sistematis yaitu bahwa sebuah pengetahuan harus memiliki hubungan ketergantungan dan teratur. sehingga tidak terjadi unsur-unsur yang bertolak belakang.

3. Teori Bersifat Universal
Bersifat menyeluruh , setiap ilmu pengetahuan alam pasti ada kesamaan dengan hubungan dengan unsur yang lainnya.

4.Bersifat Objektif
objektif yaitu bisa di manfaatkan untuk manusia. coba bayangkan jika ilmu pengetahuan alam tidak bermanfaat untuk manusia. sebuah ilmu harus menggambarkan keadaan secara natural, bersifat jujur dalam menberika data. contoh objektif dalam ipa misalnya seperti halnya menjelaskan fotosintesis pada daun itu secara benar dan nyata.

5.Bersifat Logis
Ilmu Pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan cara berpikir logis. Cara berpikir logis adalah cara berpikir dengan menggunakan logika dan ajek. banyak ilmu yang tidak menggunakan logika, seperti halnya ilmu internet dll.

Itulah mengenai 5 Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pegertiannya. semoga yang kita pelajari tentnag pengertian ilmu pengetahuan alam,ciri ciri ilmu pengetahuan alam bisa bermanfaat untuk kita semua.
Terima Kasih ...


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pengertiannya

1 komentar: